Rabu, 08 Juli 2015

Apa sih perbedaan sub kelas kereta api di kelas executive/eksekutif?


Disini saya ingin menjelaskan suatu keganjalan yang masih banyak menjadi pertanyaan orang/masyarakat umum, tentang perbedaan tiket kereta api kelas Executive/eksekutif.
Kenapa di hari yang sama dan di jam yang sama pula tetapi berbeda harga jual tiketnya?

Jadi begini jawabanya:
Perbedaan tersebut didasarkan pada gerbong yang akan kita pilih. Jika kita memilih kelas (J) kita hanya dapat memilih gerbong terdepan yang paling dekat dengan lokomotif (kepala kereta). Jika terjadi kecelakaan berupa tabrakan sudah pasti yang hancur paling pertama adalah yang paling depan terlebih dahulu. Jika kita memilih yang kelas (I) biasanya hanya dapat memilih di gerbong nomer 2 saja. Sedangkan kekurangganya dari gerbong satu dan dua tersebut adalah dimana tinggkat keamananya kurang terjamin jika terjadi tabrakan dari arah depan akan mengalami kehancuran yang parah terlebih dahulu seperti yang saya jelaskan di atas, selain itu tinggkat kebisinganya cukup tinggi karena dekat dengan lokomotif kereta.

Sedangkan kelas yang (A) adalah kelas yang paling mahal biasanya, sudah pasti kita dapat memilih gerbong nomor 3. Keistimewaan dari gerbong termahal ini, selain dekat dengan dapur kereta, juga tidak terlalu bising karena cukup jauh dengan lokomotif, jika terjadi kecelakaan pun cukup aman, karena posisi gerbong berada di tengah-tengah.



Sedangkan gerbong 5 dan seterusnya biasanya sangat rawan sekali anjlok. maka dari itu tempat favorite naik kereta biasanya pada gerbong No. 3. Jika terjadi tabrakan tingkat kehancuranya tidak se parah gerbong 1 dan 2, dan tingkat keamanannya pun cukup tinggi serta dapat di minimalisir. Gaya sentrifugal yang di timbulkan saat kereta melalui jalan menikung pun kecil. oleh karena itu kemungkinan anjlok juga sangat kecil. apabila terjadi insiden tabrakan dari belakang, biasanya cukup aman karena kereta executive minimal terdiri dari 5 gerbong seperti yang dimiliki argo bromo anggrek (Gambir - Pasar Turi)



Sekian dari saya, semoga postingan ini berguna dan bermanfaat bagi yang membaca, mari bersama menjadi masayarakat yang pandai dan mengerti mulai saat ini.
Terimakasih

3 komentar:

  1. selamat malam..terima kasih atas info..
    sya dri mlysia dan akan ke jkrta..dari jkrta ke bandung sya telah memesan tiket train Agro Executive Subclass A..
    sya juga agak kurang faham apa itu maksudnya Subclass...
    Permasalahan sekarang udah dibeli.
    gmna caranya utk sya menukar kelas kereta
    kerna tetapan gerbong dan kursi sya berada di gerbong yang paling hadapan
    sepertimana yg tuan nyatakan..

    BalasHapus