Kamis, 16 April 2015

Beberapa tips merawat sleeping bag (SB)


Banyak orang yang masih belum memahami atau salah dalam merawat Sleeping Bag mereka, sehingga membuat Sleeping Bag menjadi cepat rusak, sehingga pastinya akan mengeluarkan banyak biaya jika mengalami hal tersebut.
berikut saya berikan beberapa Tips / Cara merawat Sleeping Bag.


1. Jika tidak sedang digunakan, sebaiknya Sleeping Bag dikeluarkan dari kantungnya untuk menjaga bulu-bulu yang ada didalamnya, atau gantung pada gantungan baju anda. Kantung untuk Sleeping Bag sebaiknya jangan terlalu kecil, supaya tidak terlalu menekan Sleeping Bag anda, juga jangan memakai kantung plastik yang akan menyebabkan Sleeping Bag anda menjadi lembab. Sleeping Bag sebaik nya TIDAK TERKOMPRESI saat penyimpanan (dalam jangka waktu lama) TETAPI anda simpan di tempat yang longgar atau dikeluarkan dari tempatnya kemudian ditaruh pada kantong plastik besar + pengharum + anti jamur / ngengat (setelah dibersihkan jika ada noda). Agar tidak mempengaruhi performance dari Sleeping Bag anda.
Untuk No.1 dan 2
2. Jika anda mempunyai Sleeping Bag yang tidak waterproof (kedap air), anda memerlukan tambahan kantung tidur plastik yang banyak dijual di toko-toko perlengkapan petualangan.
3. Ketika akan menggunakan Sleeping Bag, keluarkan dari kantungnya, hamparkan dan tepuk-tepuk halus sampai bulu-bulu yang ada di dalamnya menyebar ke semua bagian Sleeping Bag anda.
4. Pagi harinya setelah Sleeping Bag digunakan, sebaiknya dijemur di luar atau di atas tenda. Sleeping Bag yang menggunakan retsleting penuh, sebaiknya dibuka lebar-lebar ketika dijemur.
5. Untuk membantu agar Sleeping Bag tetap bersih, pabrik pembuat Sleeping Bag selalu menggunakan bahan-bahan sepertii Polycotton, pertex atau silk(sutra). Bahan-bahan ini layak dipakai, bisa dilipat kecil dan memberi kenyaman lebih, mengurangi biaya pencucian dan memanjangkan umur Sleeping Bag anda.
6. Cucilah Sleeping Bag jika sudah benar-benar kotor dan mengganggu kenyaman anda. Cucilah sesuai dengan aturan yang ada pada Sleeping Bag anda. yaitu dengan menggunakan sabun yang tidak "keras" misalnya seperti shampoo / sabun bayi, bahkan lebih baik lagi jika anda memiliki shampoo yang benar-benar khusus digunakan untuk mencuci peralatan Outdoor. Cara pencucian dilakukan dengan cara manual dengan tangan kemudian di angin-anginkan tanpa terkena sinar matahari langsung untuk menjaga kualitas waterproof yang dimiliki Sleeping Bag tersebut
Diangin-anginkan saja tanpa terkena sinar matahari secara langsung
Demikian sedikit informasi Tips / Cara Merawat Sleeping Bag ini saya sampaikan, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam merawat dan menjaga Sleeping Bag pribadi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar